HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN EKSTRAKULIKULER KEPRAMUKAAN DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SD KELAS V GUGUS HASANUDIN KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN

IKA TRIANA , 1401413322 (2017) HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN EKSTRAKULIKULER KEPRAMUKAAN DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SD KELAS V GUGUS HASANUDIN KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1085Kb)

    Abstract

    Berdasarkan pelaksanaan observasi awal di SD Negeri se Gugus Hasanudin Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan, peneliti menemukan berbagai permasalahan terkait pendidikan di SD saat ini. Ekstrakulikuler pramuka yang sekarang telah diwajibkan di SD untuk wadah penanaman karakter belum berjalan secara optimal. Kemudian menurut data hasil analisis nilai, ditemukan bahwa nilai siswa pada mata pelajaran PKn banyak yang belum tuntas dibandingkan dengan nilai siswa pada mata pelajaran lain. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pengetahuan dengan melakukan kajian ilmiah tentang hubungan pendidikan karakter dan ekstrakulikuler kepramukaan dengan hasil belajar PKn siswa SD kelas V Gugus Hasanudin Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di Gugus Hasanudin Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan yang berjumlah 175 dengan sampel 123 siswa. Taknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda dan uji koefisien determinasi dan uji F. Berdasarkan perhitungan analisis data, menunjukkan nilai koefisien korelasi dengan taraf signifikan 0,05 (1) X1Y: (a) kognitif 0,699 yang berarti hubungan tersebut kuat; (b) afektif 0,635 yang berarti hubungan tersebut kuat; (c) psikomotor 0,432 yang memiliki arti bahwa hubungan tersebut sedang. (2) X2Y: (a) kognitif 0,645 yang berarti hubungan tersebut kuat; (b) afektif 0,614 yang berarti hubungan tersebut kuat; (c) psikomotor 0,443 yang berarti hubungan tersebut sedang. (3) X1X2 0,791 yang berarti hubungan tersebut kuat. (4) X1X2Y: (a) kognitif 0,715 yang berarti hubugan tersebut kuat dengan nilai Adjusted R square sebesar 0,503; (b) afektif 0,661 yang berarti hubungan tersebut kuat dengan nilai Adjusted R square sebesar 0,427; dan (c) psikomotor 0,463 yang berarti hubungan tersebut sedang dengan nilai Adjusted R square sebesar 0,201. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dan ekstrakulikuler kepramukaan dengan hasil belajar, dan tergolong kategori kuat pada hasil belajar kognitif dan afektif dan tergolong sedang pada hasil belajar psikomotor. Sekolah diharapkan selalu memperhatikan mutu penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat berjalan terarah sesuai tujuan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Karakter, Kepramukaan, Hasil Belajar PKn
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
    L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 26 Jun 2018 12:35
    Last Modified: 26 Jun 2018 12:35

    Actions (login required)

    View Item