PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF BERBASIS MIND MAPPING MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN WONOPLEMBON 1 SEMARANG


Pramesti Liasari , 1401413319 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF BERBASIS MIND MAPPING MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN WONOPLEMBON 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413319.pdf]
Preview
PDF
Download (977kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan proses pembelajaran IPS di SDN Wonoplembon 1 Semarang masih menekankan pada penguasaan materi dengan teknik hafalan dan media pembelajaran terbatas pada buku teks siswa, sehingga siswa kurang fokus dan kurang aktif saat mengikuti pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar IPS masih tergolong rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara mengembangkan desain dan komponen media audio visual interaktif berbasis mind mapping serta bagaimanakah kelayakan dan keefektifan media audio visual interaktif berbasis mind mapping terhadap pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain dan komponen media audio visual interaktif berbasis mind mapping, mengkaji kelayakan media audio visual interaktif berbasis mind mapping, dan menguji keefektifan media audio visual interaktif berbasis mind mapping. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model Waterfall dengan langkah analysis (analisis kebutuhan), design (desain sistem), implementation (penerapan), testing (pengujian), dan maintenance (pemeliharaan). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Wonoplembon 1 Semarang dan sampelnya adalah 33 siswa kelas V SDN Wonoplembon 1 Semarang dengan teknik sampling jenuh. Data penelitian ini diperoleh menggunakan teknik tes, kuesioner atau angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir yaitu uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan yang dilakukan oleh tim ahli pada tahap 1 mendapat persentase rata-rata sebesar 100% dan pada tahap 2 sebesar 91,67% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian kelayakan penyajian media sebesar 95%, kelayakan isi sebesar 95%, dan komponen kebahasaan sebesar 85%. Media audio visual interaktif berbasis mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui hasil uji t (Paired Samples Test) diperoleh nilai thitung sebesar -14,727 lebih besar dari ttabel sebesar -2,03693 sehingga Ho ditolak. Peningkatan rata-rata (gain) yang diperoleh sebesar 0,37809 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media audio visual interaktif berbasis mind mapping efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peristiwa proklamasi kemerdekaan. Saran penelitian ini adalah media audio visual interaktif berbasis mind mapping diterapkan di sekolah lebih dikembangkan lagi dengan memperbaiki isi dan konten agar lebih mudah dipahami siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; media audio visual; mind mapping.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 16:31
Last Modified: 26 Jun 2018 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31380

Actions (login required)

View Item View Item