KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE COLLECTIVE PAINTING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SBK SISWA KELAS III SDN PESAYANGAN 1 KABUPATEN TEGAL


Dwi Utami , 1401413318 (2017) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE COLLECTIVE PAINTING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SBK SISWA KELAS III SDN PESAYANGAN 1 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413318.pdf]
Preview
PDF
Download (873kB) | Preview

Abstract

Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK) merupakan salah satu mata pelajaran wajib dari 10 mata pelajaran yang terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran SBK khususnya bidang seni rupa materi menggambar, dalam pelaksanaannya masih menerapkan pembelajaran konvensional, sehingga nilai siswa menjadi kurang optimal. Guru tidak mempunyai persiapan yang matang dalam mengajarkan SBK, guru biasanya hanya memberi arahan dan menyuruh siswa untuk menggambar bebas, sehingga hasil karya siswa menjadi kurang sesuai dengan yang diharapkan. Metode Collective Painting dapat dijadikan variasi sebagai metode yang memberikan pengalaman baru bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa efektif metode Collective Painting terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa di kelas III SDN Pesayangan 1 Kabupaten Tegal. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal dengan jumlah 57 siswa, yang terdiri dari: (1) Kelas III A sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen; dan (2) Kelas III B sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dalam menentukan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji pihak kanan menggunakan one sample t test untuk uji hipotesis. Hasil uji hipotesis terhadap kreativitas siswa menggunakan uji independent sampel t-test diperoleh thitung > ttabel (4,881 > 2,004), dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (4,720 > 2,004), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan kreativitas dan hasil belajar siswa yang menerapkan metode Collective Painting dan yang tidak menerapkan. Hasil uji pihak kanan menggunakan uji one sample t test terhadap kreativitas siswa diperoleh thitung > ttabel (9,298 > 2,052), sedangkan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (16,176 > 2,052), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu kelas yang menerapkan metode Collective Painting lebih efektif dari pada yang tidak menerapkan metode ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kreativitas, metode Collective Painting.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 16:27
Last Modified: 26 Jun 2018 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31379

Actions (login required)

View Item View Item