KORELASI MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS V SDN GUGUS MINA INDAH KECAMATAN WEDUNG DEMAK


Zurika Fitriyaningsih , 1401413313 (2017) KORELASI MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS V SDN GUGUS MINA INDAH KECAMATAN WEDUNG DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413313.pdf]
Preview
PDF
Download (798kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan siswa kelas V SDN Gugus Mina Indah Kecamatan Wedung Demak masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan akhir semester SBK bahwa sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah KKM. Hasil belajar SBK tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu motivasi belajar dan tingkat kreativitas siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi motivasi belajar terhadap hasil belajar SBK siswa kelas V SDN Gugus Mina Indah Kecamatan Wedung Demak, untuk mengetahui korelasi kreativitas terhadap hasil belajar SBK siswa kelas V SDN Gugus Mina Indah Kecamatan Wedung Demak, untuk mengetahui korelasi motivasi belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar SBK siswa kelas V SDN Gugus Mina Indah Kecamatan Wedung Demak. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Mina Indah Kecamatan Wedung Demak yang berjumlah 156 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 47 siswa atau 30% dari populasi yang diambil dengan sampling kuota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini meliputi analisis deskriptif, analisis uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasi yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar SBK yang ditunjukkan dengan nilai rhitung =0,778 dengan signifikansi kurang dari 0,05; (2)terdapat korelasi yang positif dan signifikan kreativitas terhadap hasil belajar SBK yang ditunjukan dengan nilai rhitung = 0,603 dengan signifikansi kurang dari 0,05; (3)terdapat korelasi yang positif dan signifikan motivasi belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar SBK yang ditunjukan dengan nilai rhitung = 0,829 dengan signifikansi kurang dari 0,05. Simpulan penelitian ini adalah terdapat korelasi motivasi belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar SBK siswa kelas V SDN Gugus Mina Indah Kecamatan Wedung Demak. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah guru dan orang tua hendaknya dapat memberikan motivasi dalam belajar siswa dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar SBK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, SBK, motivasi belajar, kreativitas.
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 16:21
Last Modified: 26 Jun 2018 16:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31377

Actions (login required)

View Item View Item