KEEFEKTIFAN METODE DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD N ADIWERNA 01 KABUPATEN TEGAL


Ganeswari Arumpoko , 14014133312 (2017) KEEFEKTIFAN METODE DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SD N ADIWERNA 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413312.pdf]
Preview
PDF
Download (621kB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan manusia dan lingkungannya. Pembelajaran IPS di SD bertujuan mengembangkan potensi siswa dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan melatih kemampuan sosial siswa. Namun, pembelajaran IPS di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa pasif dan kurang mengembangkan keterampilan sosialnya. Dalam pembelajaran di sekolah, hendaknya seorang guru mampu memilih metode pembelajaran yang tepat supaya siswa tidak mudah merasa jenuh untuk belajar. Salah satu metode pembelajaran yang membuat siswa aktif yaitu melalui penggunaan metode debat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode debat terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SD N Adiwerna 01 Kabupaten Tegal. Selain hasil belajar, kemampuan berargumentasi merupakan hal yang penting bagi siswa dalam kehidupannya, karena dapat melatih siswa untuk mengungkapkan apa yang ada dipikirannya. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Adiwerna 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 54 siswa. Desain yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Analisis statistik menggunakan SPSS versi 21 yaitu pearson product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitisas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data kemampuan berargumentasi menunjukkan thitung>ttabel (2,824 > 2,007) dengan signifikansi 0,007 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung>ttabel (3,943 > 2,007) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sementara itu, hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data kemampuan berargumentasi menunjukkan thitung>ttabel (4,463 > 2,056) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung>ttabel (5,042 > 2,056) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode debat dan yang menggunakan metode konvensional. Metode debat efektif dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan metode debat dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, kemampuan berargumentasi, metode debat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 16:15
Last Modified: 26 Jun 2018 16:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31376

Actions (login required)

View Item View Item