HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS CENDRAWASIH KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA


Tri Rokhayati , 1401413309 (2017) HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS CENDRAWASIH KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413309.pdf]
Preview
PDF
Download (817kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pelaksanaan observasi awal di SD Negeri se-Gugus Cendrawasih Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, peneliti menemukan berbagai permasalahan terkait pendidikan di SD saat ini yaitu tentang lingkungan sekolah dan minat belajar yang kurang. Kemudian menurut data hasil analisis nilai, ditemukan bahwa nilai siswa pada mata pelajaran IPS banyak yang belum tuntas dibandingkan dengan nilai siswa pada mata pelajaran lain. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pengetahuan dengan melakukan kajian ilmiah tentang hubungan lingkungan sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN se-Gugus Diponegoro Mlonggo Jepara yang berjumlah 137 siswa dengan sampel 100 siswa yang diambil dengan teknik Proportional Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data berupa kuesioner, tes soal dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelatif. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif, analisis data awal/uji prasyarat analisis, analisis data akhir menggunakan uji hipotesis dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan besarnya korelasi antara lingkungan sekolah dan hasil belajar IPS yaitu 0,640 (rhitung 0,640> rtabel 0,195) dengan nilai kontribusi sebesar 41% dan korelasi antara minat belajar dan hasil belajar IPS yaitu 0,665 (rhitung 0,665> rtabel 0,195) nilai kontribusi sebesar 44,2%. Sedangkan korelasi ganda antara lingkungan sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar IPS adalah 0,696 (rhitung 0,696> rtabel 0,195), hal ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara lingkungan sekolah, minat belajar, dan hasil belajar IPS. Nilai kontribusi kedua variabel bebas dengan variabel terikat yaitu 50,3%. Simpulan penelitian ini adalah, ada hubungan antara lingkungan sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri Gugus Cendrawasih Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Saran bagi siswa untuk dapat menyesuaikan lingkungan sekolahnya dan meningkatkan minat belajar, guru hendaknya lebih memperhatikan kebutuhan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Sekolah, Minat, Belajar, Hasil, Belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Interest to Learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 18:01
Last Modified: 25 Jun 2018 18:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31375

Actions (login required)

View Item View Item