KEEFEKTIFAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KERAJINAN MAKRAME SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SAMBIRATA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS


Khaidar Ali Purnomo , 1401413304 (2017) KEEFEKTIFAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KERAJINAN MAKRAME SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SAMBIRATA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413304.pdf]
Preview
PDF
Download (844kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang maksimalnya dalam proses pembelajaran SBK yaitu guru kurang kreatif dan inovatif dalam menerapkan metode dan media dalam pembelajaran. Pada umumnya guru hanya menerapkan media sederhana sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran SBK. Hal tersebut berdampak pada rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran SBK, salah satunya yaitu dengan menerapkan metode Demonstrasi berbantu media Audio Visual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode Demonstrasi berbantu media Audio Visual dibandingkan dengan metode Demonstrasi berbantu media Visual pada pembelajaran SBK materi kerajinan makrame di kelas V SD Negeri 1 Sambirata Kabupaten Banyumas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji lilliefors untuk menguji normalitas data, uji levene’s test untuk uji homogenitas, uji independent sample t test dan uji pihak kanan melalui one sampel t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 20. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Sambirata Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 58 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelompok kontrol dan VB sebagai kelompok eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan dan keefektifan kreativitas dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan kreativitas belajar siswa menggunakan independent samples t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (5,096 > 2,003) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan melalui one sample t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (4,166 > 2,048) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan independent samples t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,648 > 2,003) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sedangkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan melalui one sample t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,681 > 2,048) dan nilai signifikansi 0,012 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan metode Demonstrasi berbantu media Audio Visual efektif terhadap kreativitas dan hasil belajar SBK materi kerajinan makrame pada siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kreativitas belajar, media audio visual, metode demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 17:19
Last Modified: 25 Jun 2018 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31372

Actions (login required)

View Item View Item