KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING DAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 5 SD GUGUS GAJAHMADA KOTA SEMARANG


Raras Dewi , 1401413300 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING DAN KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 5 SD GUGUS GAJAHMADA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413300.pdf]
Preview
PDF
Download (836kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS, disebabkan penggunaan model pembelajaran yang belum optimal. Rumusan masalah penelitian adalah “apakah model role playing lebih efektif dibandingkan kepala bernomor terstruktur dan direct instructions pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD Gugus Gajahmada Kota Semarang?”. Tujuan penelitian untuk menguji keefektifan model role playing dan kepala bernomor terstruktur terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 5. Penelitian dilaksanakan di SD Gugus Gajahmada Kota Semarang, kelas 5 pada bulan April-Mei 2017. Jenis penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Gugus Gajahmada Kota Semarang. Sampel penelitian adalah siswa kelas 5B SDN Sampangan 01 (kelas eksperimen I), siswa kelas 5B SD Labschool Unnes (kelas eksperimen II), dan siswa kelas 5C SD Islam Al Madina (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposiv. Variabel bebas pada penelitian adalah role playing dan kepala bernomor terstruktur, variabel terikat adalah hasil belajar IPS, dan variabel kontrol adalah kurikulum KTSP, materi pembelajaran, dan jam pembelajaran. Hasil uji-t pada hipotesis I menunjukkan rata – rata hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai thitung (4,476) > ttabel (1,68) dk 48. Hipotesis II menunjukan kelas eksperimen II lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai thitung (2,454) > ttabel (1,68) dk 42. Hipotesis III menunjukan kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II dengan nilai thitung (2,171) > ttabel (1,68) dk 48. Disimpulkan model role playing lebih efektif dibandingkan kepala bernomor terstruktur dan direct instruction. Saran untuk guru, hendaknya memilih model yang mengoptimalkan keaktifan siswa seperti model role playing. Untuk siswa, hendaknya berpartisipasi aktif agar pembelajaran bermakna dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian dapat dijadikan aternatif pemilihan model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, Keefektifan, Kepala Bernomor Terstruktur, Role Playing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 17:11
Last Modified: 25 Jun 2018 17:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31370

Actions (login required)

View Item View Item