KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN GUGUS SAWOJAJAR BANYUMANIK


NARA PUSPITA DEWI , 1401413299 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN GUGUS SAWOJAJAR BANYUMANIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413299.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan model Take and Give berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA materi Peristiwa Alam kelas V SDN Gugus Sawojajar Banyumanik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Sawojajar Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VA SDN Srondol Kulon 02 (kelas eksperimen) dan siswa kelas V SDN Srondol Kulon 03 (kelas kontrol). Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, t-test , N- gain. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil data posttest menunjukkan bahwa thitung>ttabel (2,715 > 1,667) dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata skor posttest kelas eksperimen dan kontrol, dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 5,50. Berdasarkan hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,340126 (sedang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,042806 (rendah). Maka dapat disimpulkan bahwa N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan N-Gain kelas kontrol. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa model Take and Give berbantuan media audio visual lebih efektif dibandingkan model belajar berkelompok. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Take and Give berbantuan media audio visual efektif digunakan pada pembelajaran IPA untuk pencapaian hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPA; keefektifan; model Take and Give; audio visual; peristiwa alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 16:37
Last Modified: 25 Jun 2018 16:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31369

Actions (login required)

View Item View Item