PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN TULIS INTERAKTIF BERBASIS GRAPHICAL USER INTERFACE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PETUNJUK PENGGUNAAN ALAT KELAS IV SEKOLAH DASAR


Abtadi Tris Hamdani , 1401413288 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN TULIS INTERAKTIF BERBASIS GRAPHICAL USER INTERFACE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PETUNJUK PENGGUNAAN ALAT KELAS IV SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413288.pdf]
Preview
PDF
Download (954kB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia dalam pembelajaran kurikulum 2013 berperan sebagai pengantar materi dari semua sumber kompetensi dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu materi. Berdasarkan data pra-penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Ngemplak Simongan 01 melalui data dokumen dan wawancara menyimpulkan bahwa media pembelajaran khususnya penggunaan papan tulis terbatas pada ruang penggunaan dan penyampaian gambar ilustrasi. Rumusan masalah adalah bagaimana keefektifan, kelayakan, dan aktifitas siswa menggunakan media papan tulis interaktif berbasis graphical user interface pada materi petunjuk penggunaan alat muatan Bahasa Indonesia kelas IV SD? Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan, mengkaji kelayakan, dan mendeskripsikan aktivitas siswa menggunakan media papan tulis interaktif berbasis graphical user interface pada materi petunjuk penggunaan alat muatan Bahasa Indonesia kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian menggunakan waterfall yaitu analysis, design, implementation, testing, and maintenance. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Ngemplak Simongan 01 dengan teknik sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas IV SD Ngemplak Simongan 01. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t, uji gain, dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan tulis interaktif berbasis graphical user interface layak digunakan dengan skor penilaian komponen penyajian media 100, komponen isi materi 100 dan komponen kebahasaan 100. Media papan tulis interaktif berbasis graphical user interface berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 2,015 dan peningkatan ratarata (gain) sebesar 0,5083 dengan kriteria sedang. Aktivitas siswa memperoleh skor 354 dengan nilai 70,8 termasuk kriteria aktif pada pertemuan 1 dan memperoleh skor 480 dengan nilai 96 yang termasuk kriteria sangat aktif pada pertemuan 2. Simpulan penelitian ini adalah media papan tulis interaktif berbasis graphical user interface efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi petunjuk penggunaan alat dan meningkatkan aktivitas siswa. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan Media papan tulis interaktif berbasis graphical user interface pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan isi materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; GUI; papan tulis interaktif
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 13:55
Last Modified: 25 Jun 2018 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31365

Actions (login required)

View Item View Item