PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PADA PELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP KELAS III SDN PANDEAN LAMPER 02 SEMARANG


Siti Chodiyah , 1401413279 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PADA PELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP KELAS III SDN PANDEAN LAMPER 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413279.pdf]
Preview
PDF
Download (788kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA kelas III SDN Pandean Lamper 02 Semarang pada materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup, dalam menggunakan media pembelajaran kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media flashcard, mengetahui kevalidan dan efektivitas flashcard. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Populasi dan Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Pandean Lamper 02. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyaratan analisis, uji t, uji gain, dan analisis data deskriptif. Uji coba produk dilakukan di kelas III SDN Sambirejo 01 Semarang dengan 5 siswa untuk kevalidan media dari tanggapan siswa dan guru. Uji cobapemakaian dilakukan di kelas IIISDN Pandean Lamper 02 Semarang dengan 32 siswa. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa, dari penggunaan media yang dikembangkan. Desain yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menyatakan bahwa mediaflashcard telah memenuhi kevalidan. Hasil pertama validasi ahliuntuk validasi media sebesar 71,67% dan 86,67% dengan oleh ahli media. Hasil validasi kedua untuk validasi materi sebesar 98,33% dan 96,67% untuk validasi media. Hasil tanggapan siswa dan guru mendapatkan 100% untuk guru dan 97,3% untuk siswa. Media flashcard berpengaruh terhadap hasi belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 9,72dan peningkatan rata-rata N-gain 0,58227menunjukkan kriteria sedang. Perbedaan secara signifikan pada hasil belajar siswa, maka media pembelajaran flashcard dapat dikatakan efektif.. Simpulan penelitian ini adalah media flashcard efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk mengembangkan media flashcardpada pembelajaran lain dengan menyesuaikan desain dan komponen media terhadap materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA, flashcard, media
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 13:16
Last Modified: 25 Jun 2018 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31362

Actions (login required)

View Item View Item