HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG

Dwinda Shelamas Wardani , 1401413277 (2017) HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (887Kb)

    Abstract

    Keberhasilan dalam proses belajar di sekolah memiliki beberapa faktor internal diantaranya adalah motivasi belajar dan faktor eksternalnya adalah tingkat pendapatan orang tua. Tingkat pendapatan orang tua dapat membantu anak dalam memenuhi kebutuhan fasilitas sekolahnya. Dengan terpenuhinya kebutuhan sekolah anak, maka akan timbul motivasi belajar yang tinggi pada anak tersebut. Tinggi rendahnya motivasi belajar selalu dijadikan indikator baik buruknya prestasi belajar seorang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan tingkat pendapatan orang tua dengan hasil belajar IPS; (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; (3) hubungan tingkat pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi penelitian sebanyak 136 siswa kelas V SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Non-probability Sampling yaitu Sampling Kuota sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil analisis data menggunakan rumus Product Moment dengan bantuan program SPSS 24 diperoleh: 1) hasil rx1yhitung > rtabel (0,677 > 0,308) termasuk kategori kuat; 2) hasil rx2yhitung > rtabel (0,851 > 0,308) termasuk kategori sangat kuat; 3) hasil rx1x2yhitung > rtabel (0,882 > 0,308) termasuk kategori sangat kuat; 4) besar koefisien determinasi = 0,777924, ini berarti kontribusi tingkat pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa adalah 77,79% dan sisanya 22,21% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan tingkat pendapata orang tua dengan hasil belajar IPS; 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Saran untuk orang tua siswa agar berusaha secara optimal untuk meningkatkan pendapatan sehingga dapat memenuhi fasilitas belajar anak dengan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendapatan Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPS
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > L Education (General) > motivation to learn
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 25 Jun 2018 09:05
    Last Modified: 25 Jun 2018 09:05

    Actions (login required)

    View Item