TRAINER TELEVISI LCD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING TELEVISI LCD PADA SISWA SMK


Candra Nur Prabowo, 5301412027 (2017) TRAINER TELEVISI LCD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING TELEVISI LCD PADA SISWA SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (935kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dituntut lulusannya mempunyai kompetensi yang handal di bidangnya. Masalah yang dihadapi oleh sekolah adalah ketersediaan media pembelajaran yang bisa menunjang proses pembelajaran. Tidak adanya trainer akan menyulitkan siswa dalam praktik perbaikan televisi LCD. Penelitian ini bertujuan menghasilkan trainer televisi LCD, menguji kevalidan maupun kelayakan trainer dan modul troubleshooting televisi LCD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), yaitu suatu proses pengembangan suatu produk yang telah ada. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara dideskripsikan. Uji validasi ahli dilakukan oleh 2 dosen Teknik Elektro. Sedangkan uji kelayakan ditujukan kepada 2 guru dan 26 siswa Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Pacitan. Penilaian uji validasi dan kelayakan dilakukan dengan memberikan angket terhadap responden tentang aspek kelayakan yang dinilai. Penelitian ini menghasilkan trainer yang mempunyai titik kerusakan sesuai kebutuhan praktik perbaikan televisi LCD. Hasil rata-rata penilaian ahli adalah diatas 81,25%, maka dinyatakan valid. Rata-rata penilaian oleh guru dan siswa diatas 81,25%, maka trainer dan modul layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Televisi LCD, Trainer, Troubleshooting
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 12:27
Last Modified: 05 Apr 2019 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31357

Actions (login required)

View Item View Item