PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PNEUMATIK DENGAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN TIPTL DI SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI


Feri Adianto, 5301412017 (2017) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PNEUMATIK DENGAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) BERBASIS FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN TIPTL DI SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (363kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang didukung oleh media yang memadai diduga berdampak pada kurangnya kemampuan siswa secara akademis. Selain itu alat pendukung yang lain seperti bahan ajar, piranti alat praktik, lingkungan belajar dan alat evaluasi juga dapat mempengaruhi hasil belajar yang kurang maksimal. Sepertihalnya dengan sistem pneumatik akan lebih baik jika dilengkapi dengan media untuk menampilkan simulasi karena siswa akan lebih jelas dalam memahami materi tersebut. Penelitian pemanfaatan media berupa Media Pembelajaran Sistem Pneumatik dengan Programmable Logic Controller (PLC) Berbasis Flash ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media dalam kegiatan proses belajar mengajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen pengembangan dari true eksperimental dengan bentuk Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran berbasis flash dan pada kelas kontrol dengan media gambar dengan dibantu media power point. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen 88,93 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 100% dan rata-rata kelas kontrol 85,33 dengan persentase ketuntasan belajar 93%. Hasil uji signifikansi nilai post test diperoleh nilai thitung = 2,036 > ttabel = 2,001, yang berarti ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran sistem Pneumatik dengan Programmable Logic Controller (PLC) berbasis Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Instalasi Motor Listrik (IML) khususnya untuk materi sistem pneumatik.dengan proggrammable logic controller (PLC). Selain itu, terdapat peningkatan hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotorik yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata tiap aspek kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga penggunaan media pembelajaran tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadaphasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 12:02
Last Modified: 05 Apr 2019 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31354

Actions (login required)

View Item View Item