MANAJEMEN PEMANFAATAN ENERGI LISTRIK PADA POMPA DI PDAM TIRTA MOEDAL PRODUKSI II KOTA SEMARANG MELALUI AUDIT ENERGI LISTRIK


Enggar Alif Mutofan, 5301412011 (2017) MANAJEMEN PEMANFAATAN ENERGI LISTRIK PADA POMPA DI PDAM TIRTA MOEDAL PRODUKSI II KOTA SEMARANG MELALUI AUDIT ENERGI LISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (612kB) | Preview

Abstract

Penggunaan motor-motor besar untuk memompa air di PDAM Tirta Moedal Produksi II Kota Semarang dengan kapasitas 200-250 kW sudah berumur 14 tahun sejak awal produksi, dimungkinkan terjadi penurunan kinerja dan effisiensi pada pompa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil penggunaan energi pompa produksi, kinerja dan effisiensi pompa, kualitas daya listrik pada pompa, serta rekomendasi terkait dengan penghematan energi listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif deskriptif.Pengukuran dilakukan menggunakan alat Power Quality Analyzer HIOKI 3197. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata beban motor pada pompapompa produksi sebesar 60,55 % sehingga penggunaan energi pada pompa produksi kurang optimal. Kinerja pada beberapa pompa produksi sudah optimal, namun pada pompa P602 belum optimal karena persentase load motor masih dibawah 50 % serta terjadi penurunan rpm dan debit yang cukup besar. Terdapat beberapa pompa yang memiliki effisiensi dibawah BEP (Best Efficiency Nijhuis Pump 80-90 %) yaitu pompa P609 dan P610.Kualitas daya pada pompa P602 kurang baik karena belum sesuai dengan standar ANSI, NEMA, dan IEEE. Rekomendasi penghematan energi yang dapat dilakukan adalah dengan pergantian motor baru, pemasangan kapasitor individual pada tiap pompa, dan pemasangan filter pasif single tuned pada pompa P602 dan P606 untuk mereduksi harmonisa arus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen energi,audit energi listrik, kinerja dan effisiensi pompa, kualitas daya
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 11:49
Last Modified: 05 Apr 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31350

Actions (login required)

View Item View Item