ANALISIS PERFORMANSI QUALITY OF SERVICE DROP CALL PADA JARINGAN TELEKOMUNIKASI BERBASIS TEKNOLOGI GSM (Global System for Mobile)


Siti Suparyuti , 5301412005 (2017) ANALISIS PERFORMANSI QUALITY OF SERVICE DROP CALL PADA JARINGAN TELEKOMUNIKASI BERBASIS TEKNOLOGI GSM (Global System for Mobile). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (589kB) | Preview

Abstract

Global System for Mobile merupakan teknologi yang memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan yang diinginkan. QoS (Quality of Service) digunakan untuk menunujukkan kualitas dari sistem komunikasi tersebut. Jaringan telekomunikasi GSM memiliki beberapa parameter QoS. Salah satu parameter yang mempengaruhi QoS pada jaringan telekomunikasi berbasis GSM yaitu drop call. Drop call merupakan kondisi dimana pembicaraan yang sedang berlangsung terputus sebelum pembicaraan tersebut selesai. Drop call dapat disebabkan oleh adanya coverage area yang mana dapat dilihat daya radius sel, daya pancar dan jumlah panggilan pada BTS tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penyebab coverage area yang mempengaruhi drop call pada sistem GSM. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Prosedur penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari tempat penelitian, kemudian data yang sudah ada diklasifikasikan dan diproses setelah data dianalisis dilakukan pembahasan pada data tersebut. Analisis data yang digunakan yaitu Regresi linier ganda dengan 3 variabel. Berdasarkan hasil analisis Regresi menunjukkan besarnya drop call yang dipengaruhi oleh faktor coverage area adalah 85,46% dimana pengaruh radius sel 26,11%, daya pancar 6,19% dan jumlah panggilan 53,15%. Kesimpulannya yaitu trafik performansi sistem GSM dapat diukur dengan melihat parameter-parameter yang ada dan dilakukan secara periodik. Parameter yang ada yaitu: Blocking Call, Call Attempt, Call Succes, Call Completion, dan Drop call. Tingkat drop call yang tinggi dapat dipengaruhi oleh coverage area. Penambahan BTS pada area loss signal dan pemantaun secara berkala dapat dilakukan guna menekan tingkat drop call.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Trafik Performansi, Drop Call, GSM
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 11:34
Last Modified: 05 Apr 2019 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31347

Actions (login required)

View Item View Item