HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SBK MATERI GAMBAR ILUSTRASI SD GUGUS AHMAD YANI BOYOLALI


Tri Satiti Nurul Khotimah , 1401413265 (2017) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SBK MATERI GAMBAR ILUSTRASI SD GUGUS AHMAD YANI BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413265.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran media dan sumber belajar adalah sebagai alat pembelajaran yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Data awal yang didapat peneliti yaitu penggunaan media pembelajaran belum maksimal dan sumber belajar masih terbatas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Adakah hubungan media pembelajaran dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi?; (2) Adakah hubungan sumber belajar dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi?; (3) Adakah hubungan media pembelajaran dan sumber belajar dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menguji hubungan media pembelajaran dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi; (2) Untuk menguji hubungan sumber belajar dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi; (3) Untuk menguji hubungan media pembelajaran dan sumber belajar dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Ahmad Yani Boyolali yang berjumlah 113 dengan sampel 34 siswa, diambil dengan menggunakan teknik kuota Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan media pembelajaran dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,651 dengan signifikansi kurang dari 0,05; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan sumber belajar dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,751 dengan signifikansi kurang dari 0,05; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan media pembelajaran dan sumber belajar dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,792 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan media pembelajaran dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi, terdapat hubungan sumber belajar dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi dan terdapat hubungan media pembelajaran dan sumber belajar dengan hasil belajar SBK materi gambar ilustrasi. Saran dalam penelitian tersebut yaitu kepada guru dan kepala sekolah diharapkan untuk menyediakan dan memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar dengan maksimal sehingga hasil belajar siswa dapat memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; sumber belajar; hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan; gambar ilustrasi.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 17:06
Last Modified: 22 Jun 2018 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31342

Actions (login required)

View Item View Item