PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBANTUAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH HINDU-BUDHA KELAS V SD NEGERI TAMBAKHARJO SEMARANG


Defi Kurniasari , 1401413254 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBANTUAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH HINDU-BUDHA KELAS V SD NEGERI TAMBAKHARJO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413254.pdf]
Preview
PDF
Download (970kB) | Preview

Abstract

IPS adalah mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, dan konsep yang berkaitan dengan isu sosial dan humaniora. Berdasarkan data pra penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa hasil belajar IPS kelas V SD Negeri Tambakharjo Semarang mempunyai nilai rata-rata di bawah KKM yang disebabkan karena keterbatasan media pembelajaran berupa gambar pada buku ajar yang tidak dapat terlihat dengan jelas sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan media ular tangga berbantuan powerpoint pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah hindu-budha kelas V? Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media ular tangga berbantuan powerpoint pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah hindu-budha kelas V. Jenis penelitian ini adalah Research dan Development (R&D) menggunakan prosedur Borg and Gall dalam Sugiyono dengan tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tambakharjo dan sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 34 siswa menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji normalitas, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga berbantuan powerpoint layak digunakan dengan persentase penilaian kelayakan isi 100%, komponen penyajian 87,5%, dan komponen kebahasaan 93,5%. Media ular tangga berbantuan powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 14,395 dan peningkatan rata-rata melalui uji gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media ular tangga berbantuan powerpoint efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah hindu-budha. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media ular tangga berbantuan powerpoint dengan memperbaiki tampilan gambar dan warna yang lebih menarik serta disesuaikan dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media ular tangga; Powerpoint; IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 16:58
Last Modified: 22 Jun 2018 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31341

Actions (login required)

View Item View Item