HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


Puji Lestari , 1401413253 (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DEWI KUNTHI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413253.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pola asuh orangtua adalah perlakuan orangtua terhadap anaknya yang meliputi merawat, mendidik, membimbing dan melatih anaknya agar menjadi anak yang mempunyai sikap dan kepribadian yang baik, serta berakhlak mulia. Minat belajar adalah rasa tertarik atau kecenderungan melakukan suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan atau perubahan perilaku sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada hubungan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang?, (2) Apakah ada hubungan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang? dan, (3) Apakah ada hubungan pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang; (2) menguji hubungan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang; (3) menguji hubungan pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Khunti Kecamatan Gunungpati Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang dan sampel penelitian bejumlah 69 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling quota. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada hubungan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar IPS siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,625, 2) Ada hubungan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,681 dan, 3) Ada hubungan pola asuh orangtua dan minat terhadap hasil belajar IPS siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,729. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar IPS, ada hubungan minat belajar terhadap hasil belajar IPS, dan ada hubungan pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS. Saran untuk orang tua hendaknya menerapkan pola pengasuhan yang ideal, sehingga minat belajar siswa akan meningkat dan hasil belajar yang dicapai dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua, Minat Belajar, Hasil Belajar IPS.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 13:06
Last Modified: 22 Jun 2018 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31340

Actions (login required)

View Item View Item