PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENGGAMBAR DAN MEWARNAI RAGAM HIAS DENGAN TEKNIK GRADASI PADA SISWA KELAS V SDN KAJAR 01 PATI
Nurul Mahmudah , 1401413251 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENGGAMBAR DAN MEWARNAI RAGAM HIAS DENGAN TEKNIK GRADASI PADA SISWA KELAS V SDN KAJAR 01 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (808kB) | Preview |
Abstract
Melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa kelas V, peneliti mengetahui bahwa siswa sudah bisa menggambar dan mewarnai, tetapi masih belum menguasai dan belum kreatif terutamapada teknik gradasi, sehingga hasil belajar siswa belum sesuai dengan KKM. Peneliti mengembangkan buku panduan menggambar dan mewarnai dengan teknik gradasi agar membantu siswa untukmengembangkan kreativitasnya dalam menggambar dan mewarnai. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana cara mengembangkan desain, menguji kelayakan, dan mengetahui keefektifanbuku panduan menggambar dan mewarnai dengan teknik gradasi pada pembelajaran SBK? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengambangkan desain buku panduan dan menguji kelayakan buku panduan serta meningkatkan keefektifan pembelajaran SBK. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan langkah penelitian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk dan validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan produk akhir. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kajar 01 Pati yang berjumlah 25. Teknik Penumpulan data tes dan non tes yan berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data akhir meng-gunakan desain produk, kelayakan produk, dan keefektifan yaitu hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan menunjukkan: (1) desain buku panduan meliputi cover dan layout mengilustrasikan dalam menggambar dan mewarnai, untuk isi meliputi ringkasan yang sesuai dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Tujuan Pembelajaran, terdapat langkah-langkah untuk menggambar dan mewarnai dengan teknik gradasi; (2) buku panduan dinilai oleh ahli media dengan skor sebesar 89% dan ahli materi dengan skor sebesar 92% dengan kriteria sangat layak; (3) uji keefektifan dilihat dari hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor, rata-rata nilai sebesar 79 dan 84. Simpulan penelitian menunjukkan hasil pengembangan buku panduan dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran pada materi menggambar dan mewarnai dilihat dari hasil belajar yang meningkat. Saran penelitian ini adalah desain buku panduan mampu dikembangkan lagi sehingga kualitas pembelajaran lebih efisien dan hasil belajar siswa semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku panduan, menggambar, mewarnai, teknik gradasi, SBK |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 13:03 |
Last Modified: | 22 Jun 2018 13:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31339 |
Actions (login required)
View Item |