PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS IV SDN GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL

Twindi Amanatiara , 1401413245 (2017) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KELAS IV SDN GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran di sekolah, namun juga karena rangsangan dari lingkungan sekitar dan interaksi sosial siswa. Lingkungan sekitar yang dapat memengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah keluarga, terutama orang tua. Orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya, dan sebaliknya. Selain dari perhatian orang tua, interaksi sosial siswa juga berpengaruh terhadap prestasi belajar, jika siswa memiliki interaksi sosial yang rendah, maka prestasi belajar yang diperoleh juga akan rendah, begitu pula sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan interaksi sosial siswa terhadap prestasi belajar kelas IV SDN Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal sebanyak 182 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Issac dan Michael dengan taraf signifikansi (α) = 0,05, sehingga diperoleh sampel sebanyak 119 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, angket untuk perhatian orang tua dan interaksi sosial siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dan uji prasyarat analisis yaitu: uji normalitas dengan 1-Sample K-S, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji analisis linier sederhana, uji analisis linier berganda, uji analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2), uji t parsial, dan uji koefisien secara bersama-sama (uji F). Semua penghitungan diolah dengan menggunakan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dan interaksi sosial siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar kelas IV SDN Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal, disarankan pada guru, kepala sekolah, dan orang tua bekerjasama untuk meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Perhatian Orang Tua; Interaksi Sosial Siswa
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 22 Jun 2018 09:00
Last Modified: 22 Jun 2018 09:00

Actions (login required)

View Item