KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN GUGUS PANGERAN CENDONO KUDUS


Ely Fatmawati , 1401413244 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN GUGUS PANGERAN CENDONO KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413244.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Model make a match dan TPS merupakan model kooperatif yang pembelajarannya berpusat pada siswa (student center learning). Penelitian ini dilatar belakangi adanya sebagian siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada hasil belajar mata pelajaran IPS karena sebagian guru belum menerapkan model pembelajaran yang tepat saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model make a match dengan model TPS dan direct instruction sebagai kelas kontrol terhadap hasil belajar IPS kelas III SD Negeri Gugus Pangeran Cendono Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen Semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari 134 siswa dengan sampel yang terdiri dari 61 siswa, 19 siswa dari kelas III B SDN 6 Cendono Kudus (kelas eksperimen I), 20 siswa dari kelas III A SDN 6 Cendono Kudus (kelas eksperimen II), dan 22 siswa dari kelas III SDN 5 Cendono Kudus (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Model Make A Match lebih efektif daripada model Direct Instruction terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Gugus Pangeran Cendono Kudus. Ditunjukan dari rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen I sebesar 83,68421, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 70,68182. Hasil uji t dengan taraf signifikan 0,05 terhadap nilai posttest kelas eksperimen I dan kelas kontrol diperoleh Sig.(1-tailed) (0,0005<0,05); (2) Model Think Pair Share lebih efektif daripada model Direct Instruction terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Gugus Pangeran Cendono Kudus. Ditunjukan dari rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen II sebesar 78, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 70,68182. Hasil uji t dengan taraf signifikan 0,05 terhadap nilai posttest kelas eksperimen II dan kelas kontrol diperoleh Sig.(1-tailed) (0,021<0,05); (3) Model Make A Match lebih efektif daripada model Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Gugus Pangeran Cendono Kudus. Ditunjukan dari rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen I sebesar 83,68421, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen II sebesar 78. Hasil uji t dengan taraf signifikan 0,05 terhadap nilai posttest kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II diperoleh Sig.(1-tailed) (0,0335<0,05). Simpulan penelitian yaitu model Make A Match lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III SDN Gugus Pangeran Cendono Kudus daripada model TPS maupun Direct Instruction. Dengan demikian peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Make A Match untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial; Make A Match; Think Pair Share.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 12:57
Last Modified: 22 Jun 2018 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31337

Actions (login required)

View Item View Item