KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF KAPITAL KELAS V SD NEGERI GUGUS KALIYITNO KUDUS


Eva Suryani , 1401413242 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF KAPITAL KELAS V SD NEGERI GUGUS KALIYITNO KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413242.pdf]
Preview
PDF
Download (913kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru SD Negeri Gugus Kaliyitno Kudus, yang menerangkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan guru kurang kreatif dan inovatif, hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan menulis huruf kapital pada siswa kelas V. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Talking Stick terhadap kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas V SD Negeri Gugus Kaliyitno Kudus. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Gugus Kaliyitno Kudus pada bulan April – Mei 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Kaliyitno Kudus tahun ajaran 2016/ 2017 yang tersebar di 6 SD, dengan jumlah 123 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental yang merupakan nonprobability sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Piji sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 02 Ternadi sebagai kelompok kontrol. Data nilai posttest kemampuan menulis huruf kapital siswa dianalisis menggunakan uji t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata (mean) nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 90,87 dan rata-rata (mean) nilai posttest kelompok kontrol sebesar 77,11; maka rata-rata (mean) nilai posttest kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol; (2) hasil perhitungan uji hipotesis memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000; nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka hipotesis tersebut diterima. Jadi, disimpulkan bahwa model Talking Stick efektif terhadap kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas V SD Negeri Gugus Kaliyitno Kudus tahun ajaran 2016/ 2017. Saran berdasarkan simpulan tersebut adalah guru hendaknya dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar. Keefektifan model Talking Stick diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis huruf kapital.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis huruf kapital dan Talking Stick.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 12:53
Last Modified: 22 Jun 2018 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31336

Actions (login required)

View Item View Item