KEEFEKTIFAN MODEL TPS DAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH SISWA KELAS 5 SDN TEMBOK LUWUNG 01 KABUPATEN TEGAL

Marshelya Rizky Monalisa , 1401413240 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TPS DAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH SISWA KELAS 5 SDN TEMBOK LUWUNG 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (917Kb)

    Abstract

    Pembelajaran IPA di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran tersebut tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri, sehingga hasil belajar yang diperoleh belum optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran IPA, seperti TPS dan PBL. Belum diketahui diantara kedua model tersebut yang lebih efektif terhadap hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan keefektifan penerapan model pembelajaran TPS dan PBL dalam pembelajaran pembentukan tanah siswa kelas 5 SDN Tembok Luwung 01. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Tembok Luwung 01sebagai kelas eksperimen serta siswa kelas V SDN Pecabean 02 sebagai kelas kontrol. Jumlah populasi sebanyak 86 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas VA SDN Tembok Luwung 01, 28 siswa kelas VB Tembok Luwung 01, dan 29 siswa kelas V SDN Pecabean 02. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji ANOVA dan Uji One Sample t-test. Uji ANOVA berfungsi untuk menganalisis perbedaan antar kelas dan uji One Sample t-test menguji keefektifan antara model TPS dan PBL. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 1 sebesar 79,6, kelas eksperimen 2 sebesar 74,8, dan kelas kontrol sebesar 65. Uji Tukey HSD menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, akan tetapi tidak terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan 2. Berdasarkan uji One Sample t-test menunjukkan bahwa penerapan model TPS dan PBL sama-sama efektif terhadap pembelajaran IPA kelas V materi Pembentukan Tanah. Jika model TPS dan PBL dibandingkan, hasil uji-t menunjukkan bahwa model TPS tidak lebih efektif dari model PBL. Saran peneliti yaitu hendaknya guru dapat memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran TPS, model pembelajaran PBL, hasil belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 22 Jun 2018 08:51
    Last Modified: 22 Jun 2018 08:51

    Actions (login required)

    View Item