PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI KRIYA MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS IV SDN DOROPAYUNG 01 KABUPATEN PATI


Dewi Restanti , 1401413239 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI KRIYA MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS IV SDN DOROPAYUNG 01 KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413239.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah terbatasnya media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran SBdP dan masih rendahnya nilai siswa. dengan demikian peneliti mengembangkan media pembelajaraan seni kriya menggunakan bahan bekas untuk siswa kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan media pembelajaran seni kriya menggunakan bahan bekas pada mata pelajaran SBdP kelas IV SDN Doropayung 01 Kabupaten Pati?, bagaimana kelayakan media pembelajaran seni kriya menggunakan bahan bekas pada mata pelajaran SBdP kelas IV SDN Doropayung 01 Kabupaten Pati?, bagaimana keefektifan media pembelajaran seni kriya menggunakan bahan bekas pada mata pelajaran SBdP kelas IV SDN Doropayung 01 Kabupaten Pati? Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) yang menggunakan langkah-langkah penelitian menurut Sugiyono yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk I, (6) uji coba produk, (7) revisi produk II, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produk akhir. Sampel diambil seluruh siswa kelas IV. Variabel penelitian yaitu media pembelajaran, seni kriya, bahan bekas. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, tes, angket sebagai instrument pengumpul data dan dokumentasi sebagai data pendukung. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian pengembangan adalah (1) penilaian ahli materi sebesar 77% (valid) dan ahli media sebesar 94% (sangat valid), (2) media pembelajaran seni kriya yang dikembangkan efektif terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata sebesar 64,74 menjadi 87,89, (3) perolehan harga ttabel sebesar 1,729 dan thitung sebesar 49,1935, (4) perolehan N-gain sebesar 0,716418 termasuk dalam kriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran seni kriya menggunakan bahan bekas layak dan efektif untuk digunakan. Saran dari peneliti yaitu hasil pengembangan media pembelajaran ini mampu dikembangkan lagi dalam hal desain pengembangan dan guru dapat mengkombinasikan media pembelajaran seni kriya dengan model pembelajaran yang dinilai lebih efisien dan berpusat pada siswa sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna, bervariasi, dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; seni kriya; bahan bekas
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 12:48
Last Modified: 22 Jun 2018 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31334

Actions (login required)

View Item View Item