STUDI KASUS KEDISIPLINAN SISWA DI RUMAH, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG
Yuli Riyani Anjarsari , 1401413238 (2017) STUDI KASUS KEDISIPLINAN SISWA DI RUMAH, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SDN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (622kB) | Preview |
Abstract
dan lingkungan teman sebaya. Siswa yang memiliki disiplin yang tinggi akan belajar dengaan baik dan teratur sehingga akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Intensitas pertemanan antar siswa di sekolah yang tinggi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kedisiplinan siswa di rumah; lingkungan teman sebaya dan hasil belajar mata pelajaran IPS di kelas V SD Gugus Sudirman Gajahmungkur Semarang. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian kualitif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Gugus Sudirman Gajahmungkur Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner, dokumentasi foto, catatan lapangan serta hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan teknik analisis isi sebagai teknik analisis data kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar item pertanyaan masuk pada kategori baik pada angket kedisiplinan belajar di rumah dan pada angket orang tua.Disiplin siswa dalam belajar sangat penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Angket lingkungan teman sebaya menunjukkan 12 item pertanyaan masuk pada kategori baik, 11 item kategori cukup dan 7 item kategori kurang.Lingkungan teman sebaya yang mendukung mampu memberikan dampak yang baik pula pada pencapaian atau hasil belajar siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah kedisiplinan siswa di rumah dapat mempengaruhi hasil belajar IPS kelas V di SD Gugus Sudirman Gajahmungkur Semarang.Lingkungan teman sebaya dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Sudirman Gajahmungkur Semarang. Manfaat kedisiplinan siswa di rumah, lingkungan teman sebaya dan hasil belajar IPS kelas V SD Gugus Sudirman Gajahmungkur Semarang adalah dengan kedisiplinan siswa dan lingkungan teman sebaya yang baik, maka hasil belajar di sekolah akan baik pula. Guru harus bekerja sama dengan orang tua siswa agar kedisiplinan siswa dalam belajar dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Saran penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan dukungan pada siswa untuk terus meningkatkan kedisiplinan belajar dan ikut menjaga lingkungan belajar siswa agar tetap nyaman. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor terpenting yang mempengaruhi hasil belajar yaitu disiplin belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 12:45 |
Last Modified: | 22 Jun 2018 12:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31333 |
Actions (login required)
View Item |