PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ORIGAMI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA DI SDN 1 WERGU WETAN KUDUS


Agrita Putri Nadia , 1401413232 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ORIGAMI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA DI SDN 1 WERGU WETAN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413232.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran origami penting bagi siswa Sekolah Dasar untuk merangsang perkembangan motorik halus siswa. Melatih koordinasi otak dengan otot tangan untuk membuat suatu kreatifitas, selain itu origami juga melatih anak untuk berkonsentrasi, belajar berkreativitas dan meningkatkan kemampuan berfikir. Berdasarkan data pra penelitian di SDN 1 Wergu Wetan Kudus pembelajaran SBK menggunakan media buku dan gambar. Nilai ketuntasan klasikal siswa mata pelajaran seni budaya dan keterampilan materi origami kurang dari 75%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran origami 3 dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode Research and Development oleh Sugiyono. Populasi penelitian ini adalah 33 siswa SDN 1 Wergu Wetan Kudus dan menggunakan sampling jenuh, teknik ini digunakan karena peneliti ingin membuat generalisasi dengan tingkat kesalahan yang terkecil. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) media pembelajaran origami di SDN 1 Wergu Wetan Kudus (2) desain media origami 3 dimensi pada mata pelajaran SBK di kelas IV SDN 1 Wergu Wetan Kudus; (3) kelayakan media pengembangan media Seni Origami di kelas IV SDN 1 Wergu Wetan Kudus; (4) keefektifan pembelajaran menggunakan media origami pada siswa kelas IV SDN 1 Wergu Wetan Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penilaian pakar ahli materi dan ahli media memperoleh kriteria sangat layak, media yang dikembangkan mampu meningkatkan ketuntasan klasikal. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) media pembelajaran origami di SDN 1 Wergu Wetan Kudus berupa gambar; (2) pengembangan media pembelajaran dibuat untuk memudahkan guru dalam penyampaian materi pembelajaran (3) berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media, media pembelajaran seni origami 3 dimensi mendapat kriteria sangat layak; (3) penerapan media pembelajaran origami 3 dimensi meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari hasil sebelum menggunakan media pembelajaran 73,79 dan sesudah menggunakan media pembelajaran 86,97, serta terjadi peningkatan n-gain 0,5029. Saran dari penelitian ini adalah media pembelajaran origami 3 dimensi dapat digunakan dikelas sesuai dengan prosedur penggunaanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran; SBK; origami ; origami 3 dimensi
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 13:14
Last Modified: 08 Jun 2018 13:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31329

Actions (login required)

View Item View Item