PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN LANGIT KELAS IV SDN KLEPU 04


Kharisma Pratama Putri , 1401413229 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN LANGIT KELAS IV SDN KLEPU 04. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413229.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

IPA di sekolah dasar diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, yang lebih lanjut dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data yang diperoleh SDN Klepu 04 melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil belajar, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPA terkait keterbatasan penggunaan media. Media pembelajaran hanya terbatas pada penggunaan gambar yang terdapat pada buku ajar, berukuran kecil dan hitam putih. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan multimedia interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain media, mengkaji kelayakan media, menguji keefektifan media, dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan multimedia interaktif pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Reasearch and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Waterfall SDLC dengan langkah analysis, design, implementation, dan testing. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Analisis data awal dengan uji normalitas. Analisis data akhir dengan uji t-test, uji peningkatan rata-rata (gain), dan analisis aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif sangat layak digunakan dengan presentase penilaian kelayakan komponen penyajian sebesar 88%, komponen kelayakan isi sebesar 92%, dan kelayakan bahasa sebesar 92%. Multimedia pembelajaran interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 12,05 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. Aktivitas siswa memperoleh skor dengan presentase 82,5% dengan kriteria sangat baik pada pertemuan pertama dan 86,8% dengan kriteria sangat baik pada pertemuan kedua. Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi peruabahan kenampakan bumi dan langit dan meningkatkan aktivitas siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu agar dapat mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dengan perencanaan dan penyusunan materi lebih dioptimalkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA; multimedia; pembelajaran interaktif
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 13:12
Last Modified: 08 Jun 2018 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31328

Actions (login required)

View Item View Item