LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA, PENANAMAN KARAKTER ANAK DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS SDN CANDIREJO 02 UNGARAN BARAT UNGARAN BARAT


ZIANA ISTAFA , 1401413228 (2017) LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA, PENANAMAN KARAKTER ANAK DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS SDN CANDIREJO 02 UNGARAN BARAT UNGARAN BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413228.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Orang tua memiliki kewajiban untuk memilih dan memberikan pendidikan untuk anak mereka. Latar belakang pendidikan orang tua dan cara orang tua menanamkan karakter kepada anaknya dapat mempengaruhi hasil belajar. Siswa dengan karakter yang baik mendapatkan penanaman karakter yang baik dari orang tuanya. Dan orang tua dengan pendidikan tinggi akan dapat membantu anaknya dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)latar belakang pendidikan orang tua kelas V SDN Candirejo 02 (2) penanaman karakter orang tua kepada siswa kelas V SDN Candirejo 02 (3) hubungan antara latar belakang pendidikan orang tua dan penanaman karakter anak dengan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kualitatif tipe studi kasus tunggal. Subjek yang diteliti adalah siswa, orang tua dan guru kelas dengan objek penelitian berupa latar belakang pendidikan orang tua,penanaman karater anak dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Candirejo 02 Ungaran Barat, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara grup, wawancara semi terstruktur, observasi atau pengamatan, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis tema. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas model triangulasi sumber, pengecekan anggota dan kecukupan referensi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis tema. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) latar belakang pendidikan orang tua siswa kelas V SDN Candirejo 02 menunjukkan lulusan orang tua siswa kelas V paling banyak ada pada jenjang lulusan dasar (SD/MI/SMP) yaitu 28 orang sehingga 20 siswa mendapat hasil belajar yang rendah. (2) penanaman karakter orang tua kepada siswa kelas V SDN Candirejo 02, masih berada dalam kategori kurang ditunjukkan dengan 19 anak dalam kategori kurang. (3) Adanya hubungan antara latar belakang pendidikan orang tua dan penanaman karakter anak terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai latar belakang pendidikan orang tua, penanaman karakter anak dan hasil belajar. Orang tua diharapkan dapat lebih memberikan perhatian kepada anak dalam pembentukan karakter anakda cara anak dalam belajar. Guru diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar,karakter dan latar belakang pendidikan orang tua
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 13:09
Last Modified: 08 Jun 2018 13:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31327

Actions (login required)

View Item View Item