HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUGKUR KOTA SEMARANG


Agus Rakhma Bella Wulandari , 1401413222 (2017) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUGKUR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413222.pdf]
Preview
PDF
Download (745kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dokumentasi hasil nilai UAS IPS siswa kelas V SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang, menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa cukup besar, yang mendapatkan nilai tertinggi dan terendah. Hal tersebut terjadi karena gaya belajar yang berbeda dan kurangnya motivasi pada siswa, yang menyebabkan hasil belajar yang berbeda pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimanakah hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang?, (2) Bagaimanakah hubungan motivasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang?, (3) Bagaimanakah hubungan gaya belajar dan motivasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dan motivasi terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu sejumlah 161 siswa kelas V SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang, dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini : angket, dan tes. Data penelitian diperoleh dari angket gaya belajar, angket motivasi dan tes hasil belajar IPS. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus product moment dengan bantuan program SPSS 16, sehingga didapat hasil nilai gaya belajar dan hasil belajar IPS diperoleh r hitung 0,513, motivasi dan hasil belajar IPS diperoleh r hitung 0,628 sedangkan r tabel dengan taraf signifikansi 5% untuk N = 161 adalah 0,159. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua dari r hitung > r tabel. F hitung sebesar 0,445 dan harga signifikansinya 0,000. Dari penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk guru, selalu memberikan motivasi kepada siswa dan mendukung siswa untuk belajar dengan gaya belajar masing-masing, (2) untuk siswa, belajar sesuai dengan gaya belajar yang terdapat pada karakter dan kemampuannya serta siswa selalu meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, motivasi, hasil belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 12:34
Last Modified: 08 Jun 2018 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31323

Actions (login required)

View Item View Item