HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN BIMBINGANBELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWAKELAS V SDN GUGUS AMARTA KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN


Afriz Afritasari , 1401413220 (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN BIMBINGANBELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWAKELAS V SDN GUGUS AMARTA KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413220.pdf]
Preview
PDF
Download (780kB) | Preview

Abstract

Pendidikan berawal dari unit terkecil hingga unit terbesar atau masyarakat. Unit terkecil yaitu keluarga, keluarga merupakan lingkungan strategis bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Pola asuh orang tua dan bimbingan belajar menjadi faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan bimbingan belajar dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Amarta Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten.Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan pola asuh orang tua dan bimbingan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Amarta Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Amarta Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten sejumlah 86 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS yaitu sebesar 0,611dengan kategori kuat; (2) ada hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar IPS yaitu sebesar 0,582 dengan kategori sedang; (3) ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan bimbingan belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 0,695 dengan kategori kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua, bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS dan tergolong kuat. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru dan orang tua saling bekerja sama dalam membangun hubungan yang baik agar memudahkan orang tua dalammembimbing anak di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh; bimbingan belajar; hasil belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 12:20
Last Modified: 08 Jun 2018 12:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31321

Actions (login required)

View Item View Item