PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


Violita Sheila Zivana , 1401413219 (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413219.pdf]
Preview
PDF
Download (939kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu data awal hasil observasi diketahui bahwa siswa kelas V di SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Ungaran Barat terdapat beberapa fasilitas belajar yang belum memenuhi standar, minat belajar yang rendah dan hasil belajar matematika yang rendah. Maka diteliti minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika di SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang dengan tujuan penelitian ini untuk: (1)menganalisis pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, (2)menganalisis pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3)menganalisis pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bersifat kausalitas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 175. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu proportional random sampling dengan sampel berjumlah 70 siswa. Variabel penelitian ini adalah minat belajar, fasilitas belajar, dan hasil belajar matematika. Data dikumpulkan dengan teknik nontes berupa angket dan tes berupa soal tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji persyaratan, uji hipotesis, dan analisis regeresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 50% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 1,06 dan persamaan regresi yang terbentuk yaitu = 5,27 + 1,065 ; (2) ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 27% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,811 dan persamaan regresi yang terbentuk yaitu = 21,56 + 0,811 ; (3) ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 50% yang ditunjukkan oleh nilai > yaitu sebesar 32,998 > 3,13376. Persamaan regresi yang terbentuk yaitu = 5,704 + 1,084 + 0,32 Simpulan penelitian yaitu minat belajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang baik secara parsial maupun simultan. Saran dari peneliti yaitu guru hendaknya bisa membangkitkan minat belajar yang sudah dimiliki siswa melalui memberi arahan tentang kegunaan pelajaran yang diberikan pada masa mendatang, menyediakan lingkungan belajar yang kreatif dan kondusif serta menggunakan berbagai bentuk dan teknik mengajar yang menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar; hasil belajar matematika; minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Interest to Learn
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 12:14
Last Modified: 08 Jun 2018 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31320

Actions (login required)

View Item View Item