HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR SEMARANG


NUR NIZAR PRATIWI , 1401413217 (2017) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413217.pdf]
Preview
PDF
Download (890kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Faktor penentu hasil belajar antara lain bimbingan belajar dari orang tua dan motivasi belajar siswa. Semakin baik bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar siswa maka akan semakin baik pula hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS; (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; (3) hubungan bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Penelitian ini temasuk penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian sebanyak 191 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional sampling, dan sampel yang diambil 30% dari jumlah populasi yaitu sebesar 58 siswa dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan data dokumentasi. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan linieritas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil analisis data menggunakan Product Moment diperoleh (1) hasil rx1hitung> rtabel (0,458>0,266) termasuk kategori sedang, (2) hasil rx2hitung> rtabel (0,486>0,266) termasuk kategori sedang, (3) hasil rx1x2hitung> rtabel (0,531>0,266) termasuk kategori sedang, (4) besar koefisien determinasi 28,2%, ini berarti kontribusi bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 28,2% dan sisanya 71,8% disumbang oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada hubungan bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS, (2) ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, dan (3) ada hubungan bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS kelas III SD Negeri Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Saran untuk orang tua siswa agar selalu memberikan bimbingan belajar agar siswa mampu mendapatkan hasil belajar yang optimal dan guru sebaiknya menumbuhkan motivasi siswa untuk meraih prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 12:11
Last Modified: 08 Jun 2018 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31319

Actions (login required)

View Item View Item