PERAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS III SDN BERGASLOR 02


Amalia Ayunda , 1401413215 (2017) PERAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS III SDN BERGASLOR 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413215.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran, peran guru sangat penting. Untuk menjadi guru yang profesional, guru harus mampu menguasai keterampilan dasar mengajar. Selain harus menguasai keterampilan dasar mengajar, hasil pembelajaran akan maksimal jika guru dapat menggunakan media pembelajaran. Pada kondisi di lapangan masih ada beberapa keterampilan mengajar yang belum tampak atau terpenuhi. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa tidak memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan peran keterampilan mengajar guru dan media pembelajaran dalam mengoptimalkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas III SDN Bergaslor 02. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Pengambilan data dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Sampel sebanyak 1 orang guru dan 25 siswa kelas III. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru, media pembelajaran, dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumen. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini dengan uji kredibilitas dan konfirmasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan data keterampilan mengajar guru telah mencapai rata-rata skor ketercapaian indikator (3,04) dengan kriteria baik. Guru sudah menerapkan 8 indikator keterampilan mengajar namun belum semua deskriptor tampak. Skor yang diperoleh guru dalam menggunakan media pembelajaran dengan kriteria baik. 18 siswa berpendapat guru baik dalam menggunakan media pembelajaran. Hasil belajar ulangan tengah semester II siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menunjukkan kategori baik dengan 17 siswa memperoleh rerata baik dan 8 siswa dengan rerata sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di kelas III SDN Bergaslor 02, keterampilan mengajar guru dan media pembelajaran berperan dalam mengoptimalkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas III. Sudah banyak indikator keterampilan dasar mengajar yang tampak. Menurut pendapat siswa, guru sering menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga membuat siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar dan menggunakan media pembelajaran sebaiknya terus ditingkatkan agar dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:28
Last Modified: 07 Jun 2018 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31317

Actions (login required)

View Item View Item