HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KOTA SEMARANG


IRMA WIDYASTUTI , 1401413042 (2017) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (794kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang memberikan kontribusi besar terhadap hasil belajar adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar karena fasilitas belajardan motivasi belajardapat membantu siswa secara langsung dan tidak langsung dalam rangka memudahkan dan melancarkan proses belajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.Penelitian ini dilakukan untuk mencapai ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn Siswa Kelas III SDN Gugus Dwija Harapan Kota Semarang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDN Gugus Dwija Harapan Kota Semarang dengan jumlah 280 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Cluster Samplingdengan mengambil secara acak 3 SD dari 5 SD didalam populasi, sehingga sampel penelitian berjumlah 160 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar serta soal evaluasi hasil belajar PKn. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar PKn dengan koefesien korelasi sebesar 0,581 (2) ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PKn siswa dengan koefesien korelasi sebesar 0,599 (3) ada hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn siswa dengan koefeisen korelasi sebesar 51,1%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar PKn, ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn, dan aada hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar PKn. Saran yang dapat dijadikan masukan dari peneiti yaitu pihak sekolah memperhatikan kondisi dan kelengkapan fasilitas belajar untuk menunjang proses pembelajaran disekolah dan perlunya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan motivasi-motivasi kepada diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar PKn.
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:48
Last Modified: 07 Jun 2018 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31314

Actions (login required)

View Item View Item