PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 01 KALIPANCUR KABUPATEN PEKALONGAN


Devi Rachmawati , 1401413040 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 01 KALIPANCUR KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (826kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN 01 Kalipancur diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan di kelas IV A hanya buku tematik yang berasal dari pemerintah, padahal dalam pembelajaran dengan kurikulum 2013 diperlukan berbagai sumber dan bahan ajar. Hasil belajar siswa terendah pada muatan pelajaran IPA, sehingga perlu adanya pengembangan bahan ajar berbasis PBL pada muatan pelajaran IPA. Rumusan masalah adalah bagaimanakah karakteristik, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar berbasis PBL pada muatan pelajaran IPA kelas IV SDN 01 Kalipancur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar berbasis PBL. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan metode penelitian dari Sugiyono (2015:409), terdiri dari beberapa tahap, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, uji coba pemakaian, dan produksi masal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 01 Kalipancur. Uji coba produk dilakukan di kelas IV B dengan jumlah 6 siswa dan uji pemakaian dilakukan di kelas IV A dengan jumlah 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar yang dikembangkan mengandung komponen PBL yang menyajikan masalah-masalah nyata berkaitan dengan keseharian siswa; (2) bahan ajar berbasis PBL valid berdasarkan validasi dari ahli materi, bahasa, dan guru. Didapatkan persentase dan kriteria kelayakan isi 83,8% (sangat layak), kelayakan penyajian 92% (sangat layak), penilaian PBL 81% (layak), dan penilaian kebahasaan 81% (layak); (3) bahan ajar berbasis PBL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t bernilai 0,000 < 0,05. Uji gain sebesar 0,47 dengan kriteria sedang; (4) persentase respon guru setelah penggunaan bahan ajar berbasis PBL secara klasikal 80,95% dengan kriteria positif, dan persentase respon siswa secara klasikal 92,36% dengan kriteria sangat positif. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar yang dikembangkan berkarakteristik PBL, bahan ajar valid meningkatkan hasil belajar dan praktis untuk pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan yaitu bahan ajar berbasis PBL pada muatan pelajaran IPA dapat digunakan sebagai bahan ajar pelengkap di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; PBL; Muatan Pelajaran IPA; Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:48
Last Modified: 07 Jun 2018 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31313

Actions (login required)

View Item View Item