IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA


Indria Listyorini , 1401413039 (2017) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (519kB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan adalah agar peserta didik dapat mencapai perkembangan secara optimal. Untuk mencapai perkembangan yang optimal bagi peserta didik maka pelaksanaan pendidikan di sekolah hendaknya meliputi tiga bidang pelayanan, yaitu bidang kurikulum dan pengajaran, bidang administrasi dan supervisi, dan bidang bimbingan dan konseling. Sudah seharusnya layanan bimbingan dan konseling diberikan di semua sekolah, termasuk sekolah dasar negeri di Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Diketahui bahwa peserta didik di sekolah dasar negeri Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara sering mengalami permasalahan yang dapat menghambat proses perkembangannya. Dalam hal ini bimbingan dan konseling sangat penting untuk dilaksanakan guna membantu peserta didik mengatasi berbagai masalah yang dialaminya, bahkan mencegah agar masalah tersebut tidak dialami. Bimbingan dan konseling di sekolah dasar diberikan oleh guru kelas, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas di sekolah dasar negeri Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh sekolah dasar negeri di wilayah Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 34 unit dengan guru kelas sejumlah 203 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sehingga didapat sampel penelitian sebanyak 10 unit sekolah dengan jumlah responden 60 orang guru kelas. Variabel penelitian adalah implementasi layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas di sekolah dasar negeri Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis indeks. Hasil penelitian menunjukkan presentase implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar negeri Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara pada tahap perencanaan 68,91% dengan kategori sedang, tahap pelaksanaan 69,82% dengan kategori sedang, tahap evaluasi 69,44%dengan kategori sedang, faktor pendukung 77,82% dengan kategori tinggi, dan sarana prasarana 48,57% dengan kategori cukup. Hasil penelitian secara umum menunjukkan presentase implementasi layanan bimbingan dan konseling dengan kategori sedang. Peneliti menyarankan agar guru kelas lebih meningkatkan implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling; implementasi; layanan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Tutoring
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:48
Last Modified: 07 Jun 2018 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31312

Actions (login required)

View Item View Item