HUBUNGAN INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS MAWARDI KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL


Agus Afrianto , 1401413036 (2017) HUBUNGAN INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS MAWARDI KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan peserta didik dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya motivasi belajar dan intensitas komunikasi orang tua dengan anaknya. Komunikasi yang baik akan membuat anak lebih nyaman dalam belajar karena mendapatkan suport dari orang tuanya. Dorongan yang diberikan orang tua dapat membangkitkan motivasi pada diri siswa sehingga siswa berhasil dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan yang signifikan antara intensitas komunikasi orang tua dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN gugus Mawardi Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini mencakup tujuh SD yang berada dalam satu gugus dengan jumlah populasi 253. Dari populasi tersebut peneliti mengambil sampel 76 siswa. Sampel diperoleh dengan cara mengambil 30% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non-test yang meliputi angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, korelasi product moment, dan koefisien determinasi (KD). Data hasil uji statistik menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa hubungan intensitas komunikasi orang tua dan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik. Hasil perhitungan korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas komunikasi orang tua dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan rhitung > rtabel (0,724 > 0,224). Besar koefisien determinasi (KD) adalah 55 %, ini berarti intensitas komunikasi orang tua dan motivasi belajar siswa menentukan hasil belajar sebesar 55 %, sedangkan 45% lainnya ditentukan oleh faktor lain. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas komunikasi orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, dengan kategori kuat. Saran peneliti bagi sekolah terutama guru yaitu untuk selalu membantu siswa dalam membangkitkan motivasi yang ada pada diri siswa agar siswa dapat belajar dengan sungguh – sungguh. Selain itu, orang tua siswa juga harus memberikan dukungan secara terus menerus. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensitas komunikasi, motivasi belajar, dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:48
Last Modified: 20 Dec 2018 16:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31311

Actions (login required)

View Item View Item