PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN II KECAMATAN MARGADAN KOTA TEGAL


Ulfa Laeli Syaadah , 1401413034 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN II KECAMATAN MARGADAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (499kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar, tentu saja dipengaruhi oleh banyak faktor yang memiliki andil yang sangat penting. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar, diantaranya sumber-sumber belajar (faktor eksternal) dan motivasi belajar (faktor internal). Siswa yang memanfaatkan sumber belajar dengan baik akan memperoleh hasil belajar yang optimal. Begitu pula siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi akan memengaruhi nilai hasil belajar yang tinggi juga. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal yang berjumlah 348 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan Proporsional Random Sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 194 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk hasil belajar PKn dan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk pemanfaatan sumber belajar serta motivasi belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (8,063 > 1,972) dan korelasi keduanya sebesar 0,503 atau sedang. Besar sumbangan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar PKn sebesar 25,3%; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh diperoleh thitung > ttabel (8,979 > 1,972) dan korelasi keduanya dalam kategori sedang (0,544). Besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn sebesar 29,6%; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel (89,607 > 3,043) dan korelasi ganda dalam kategori kuat (0,696). Besar sumbangan pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa sebesar 484%. Saran peneliti adalah guru hendaknya membiasakan siswa untuk membaca dan membantu menghadapi kesulitan belajar siswa seperti memberi dorongan saat siswa mendapat hasil belajar yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; motivasi belajar; pemanfaatan sumber belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:48
Last Modified: 07 Jun 2018 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31310

Actions (login required)

View Item View Item