KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN ADIWERNA 03 KABUPATEN TEGAL


Nur Inta Khaerunnisa , 1401413033 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN ADIWERNA 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (691kB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji manusia dan dunianya untuk mengembangkan potensi siswa dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan melatih kemampuan sosial siswa dalam berinteraksi dengan orang lain. IPS merupakan mata pelajaran yang memuat banyak materi, sehingga sulit dipahami oleh siswa. Pada umumnya, pembelajaran IPS di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional, karena guru belum mengetahui keefektifan model pembelajaran yang lain. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan interaksi sosial dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Adiwerna 03 Kabupaten Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Adiwerna 03 Kabupaten Tegal yang berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 50 siswa. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitisas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data kemampuan interaksi sosial menunjukkan thitung (8,567) > ttabel (2,011) dan data hasil belajar menunjukkan thitung (2,993) > ttabel (2,011). Sementara itu, hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data kemampuan interaksi sosial menunjukkan thitung (13,075) > ttabel (2,060) dan data hasil belajar menunjukkan thitung (3,986) > ttabel (2,060). Untuk menguji hubungan antara kemampuan interaksi sosial dan hasil belajar menggunakan korelasi product moment, thitung (7,855) > ttabel (2,011). Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan interaksi sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV antara yang menggunakan pembelajaran CIRC dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran CIRC efektif dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial dan hasil belajar siswa, serta ada hubungan antara kemampuan interaksi sosial dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CIRC; Hasil Belajar; Kemampuan Interaksi Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:47
Last Modified: 07 Jun 2018 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31309

Actions (login required)

View Item View Item