HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS NYI AGENG SERANG TUGU KOTA SEMARANG


Ilham Al Fatah Pasaribu , 1401413032 (2017) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS NYI AGENG SERANG TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (479kB) | Preview

Abstract

Minat belajar mempunyai pengaruh yang besar terhadap hasil belajar. Adanya sumber belajar yang mendukungakan meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apakah ada hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Nyi Ageng Serang Tugu Kota Semarang? (2) Apakah ada hubungan sumber belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Nyi Ageng Serang Tugu Kota Semarang? (3) Apakah ada hubungan yang signifikan minat belajar dan sumber belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Nyi Ageng Serang Tugu Kota Semarang? Penelitian ini merupakan penelitian korelasional.Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN di Gugus Nyi Ageng Serang Kecamatan Tugu Kota Semarang dengan jumlah 170 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 65 siswa yang diambil menggunakan teknik Area Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi, dan wawancara.Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Setelah data normal dan linear, selanjutnya menghitung hubungan antarvariabel dengan product moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah(1) harga korelasi minat belajar rhitung lebih besar dari harga rtabel yaitu 0,598 > 0,244, yang artinya ada hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS dengan tingkat sedang. (2) Harga korelasi sumber belajar rhitung lebih besar dari harga rtabel, yaitu 0,629 > 0,244, yang artinya ada hubungan sumber belajar dengan hasil belajar IPS dengan tingkat kuat.(3) Harga korelasi minat belajar dan sumber belajar rhitung juga lebih besar dari rtabel, yaitu 0,680 > 0,244 dan hargasig. F change lebih kecil dari taraf signifikansi 5%, yaitu 0,000 < 0,05, yang artinya ada hubungan signifikan minat belajar dan sumber belajar dengan hasil belajar IPS dengan tingkat kuat. Simpulan penelitian ini, (1) ada hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Nyi Ageng Serang Tugu Kota Semarang. (2) ada hubungan sumber belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Nyi Ageng Serang Tugu Kota Semarang. (3) ada hubungan yang signifikan minat belajar dan sumber belajar dengan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gugus Nyi Ageng Serang Tugu Kota Semarang. Saran peneliti yaituguru dapat menciptakan proses pembelajaran yang menarik dengan menggunakan berbagai sumber belajar,sekolah perlu mengambil kebijakan-kebijakan tertentu untuk mengadakan sumber belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, sumber belajar, hasil belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Interest to Learn
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:47
Last Modified: 07 Jun 2018 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31308

Actions (login required)

View Item View Item