EFEKTIVITAS MODEL SOMATIC, AUDIOTORY, VISUALIZATION, INTELECTUALY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SBK MEMBUAT KARYA MONTASE KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA


Hasbi Nur Rahman , 1401413213 (2017) EFEKTIVITAS MODEL SOMATIC, AUDIOTORY, VISUALIZATION, INTELECTUALY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SBK MEMBUAT KARYA MONTASE KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413213.pdf]
Preview
PDF
Download (902kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal dilakukan pada SD di Gugus Ahmad Yani teridentifikasi masalah, yaitu pembelajaran masih berpusat kepada guru kelas sehingga komunikasi bersifat satu arah karena guru masih menggunakan metode konvensional. Data dokumen menunjukkan bahwa hasil belajar SBK siswa IV, yang belum mencapai keuntasan ada 50% lebih. Berdasarkan permasalahan maka perlu dilaksanakan pembelajaran yang inovatif dengan menerapkan model SAVI. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran SBK (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam membuat karya montase (3) menguji efektivitas model SAVI daripada metode konvensional pada pembelajaran SBK membuat karya montase. Desain penelitian ini menggunakan Quasi-Experimental dengan bentuk Nonequivqlent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa kelas IV SDN 3 Ngabean sebagai kelas eksperimen dan 17 siswa kelas IV SDN 2 Tampingan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbendaan rata-rata, uji hipotesis, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan (1) Rata-rata skor aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan persentase sebesar 80% lebih tinggi daripada dengan kelas kontrol yaitu 62%. (2) Rata-rata nilai unjuk kerja siswa pada kelas eksperimen menunjukkan nilai 76,07 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 63,52 (3) Harga t-hitung lebih besar dibandingkan harga t-tabel (3,715 > 2,045) dan signifikansi (0,00 < 0,05), artinya Ha diterima yaitu ada perbedaan rata-rata hasil belajar SBK antara kelas eksperimen dan kontrol. Besar peningkatan pada kelas eksperimen terlihat pada rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,588 (kategori sedang). Simpulan penelitian ini adalah model SAVI memberikan efektivitas pada pembelajaran SBK terhadap hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian yaitu hendaknya siswa lebih aktif dan kreatif lagi dalam mengikuti pembelajaran SBK; guru hendaknya mengkolaborasikan model SAVI dengan metode lain agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Kata kunci : efektivitas, model SAVI; SBK; montase

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:20
Last Modified: 07 Jun 2018 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31306

Actions (login required)

View Item View Item