KEEFEKTIFAN MODEL TEAM PRODUCT DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MI AL AZHARY KABUPATEN BANYUMAS


Titi Astuti , 1401413209 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM PRODUCT DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MI AL AZHARY KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413209.pdf]
Preview
PDF
Download (656kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis puisi bebas, siswa masih mengalami kesulitan belajar yaitu sulit menemukan ide atau gagasan yang akan dikembangkan dalam bahasa tulis. Oleh karena itu, guru perlu memiliki sikap kreatif dan inovatif dengan menerapkan model yang lebih menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu model yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar adalah penggunaan model team product yang membantu merangsang imajinasi siswa dalam menulis puisi siswa secara berkelompok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model team product pada pembelajaran berbicara dan menulis puisi pada siswa kelas V MI Al Azhary Kabupaten Banyumas. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Al Azhary Kabupaten Banyumas. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh). Anggotanya berjumlah 42 orang siswa yang terdiri dari 22 orang siswa dari kelas VA dan 20 orang siswa dari kelas V B. Variabel bebas penelitian ini yaitu model team product sedangkan variabel terikatnya yaitu keterampilan berbicara dan menulis puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pedoman wawancara, dokumentasi, lembar observasi, dan soal tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel ttest, data keterampilan berbicara siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,563 > 2,021) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Sementara itu, data menulis puisi siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,422 > 2,021) dan signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan keterampilan berbicara dan hasil menulis puisi pelajaran bahasa Indonesia antara siswa kelas V yang mendapatkan pembelajaran dengan model team product dibandingkan dengan yang menggunakan model konvensional. Berdasarkan hasil uji hiptesis menggunakan rumus uji one sampel t-test, data keterampilan berbicara siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,480 > 1,721). Hasil uji hipotesis hasil menulis puisi siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,219 > 1,717). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penggunaan model team product efektif terhadap keterampilan berbicara dan hasil menulis puisi bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara; menulis puisi; model team product
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:12
Last Modified: 07 Jun 2018 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31305

Actions (login required)

View Item View Item