ANALISIS FASILITAS BELAJAR DAN SIKAP GURU DALAM OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN CANDIREJO 02
Andita Eka Fitriani , 1401413204 (2017) ANALISIS FASILITAS BELAJAR DAN SIKAP GURU DALAM OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN CANDIREJO 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (732kB) | Preview |
Abstract
Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, diantaranya fasilitas belajar dan sikap guru. Fasilitas belajar berperan penting dalam mendukung tercapainya keberhasilan belajar. Aktivitas belajar dapat berjalan dengan baik apabila ditunjang oleh fasilitas belajar yang memadai. Sikap guru di kelas sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru harus bersikap profesional dan menciptakan suasana kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) fasilitas belajar siswa kelas V SDN Candirejo 02, (2) sikap guru kelas V SDN Candirejo 02, (3) fasilitas belajar dan sikap guru dalam optimalisasi hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Candirejo 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe etnografi. Subjek yang diteliti yaitu kepala sekolah, guru dan siswa kelas V dengan objek penelitian berupa fasilitas belajar, sikap guru dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Candirejo 02, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara semi terstruktur, obsrevasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Teknik keabsahan yang digunakan adalah uji kredibilitas model triangulasi sumber, triangulasi teknik, pengecekan anggota secara formal, dan kecukupan referensi. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) fasilitas belajar SDN Candirejo 02 kurang lengkap karena jumlah buku pelajaran kurang, tidak ada buku referensi di perpustakaan dan tidak terdapat LCD, (2) sikap guru kelas V SDN Candirejo 02 kurang baik, guru belum memiliki semua indikator sikap guru yang disenangi siswa dan kurang peduli terhadap siswa, (3) fasilitas belajar dan sikap guru mempengaruhi hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Candirejo 02. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai fasilitas belajar, sikap guru dan pengaruhnya terhadap hasil belajar PKn.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fasilitas belajar, sikap guru, hasil belajar |
Subjects: | L Education > Educational Institutions > learning facilities |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 13:38 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 13:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31303 |
Actions (login required)
View Item |