PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS IMAM BONJOL KOTA TEGAL


Novia Angganingrum S. , 1401413203 (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS IMAM BONJOL KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413203.pdf]
Preview
PDF
Download (446kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan hal yang penting dalam proses pendidikan. Prestasi belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar dan atas usaha yang telah diperbuat setelah melakukan kegiatan pembelajaran, dimana hasil pembelajaran itu mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kecerdasan emosional guru dan motivasi kerja guru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional guru dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar Siswa SD se- Gugus Imam Bonjol Kota tegal. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Gugus Imam Bonjol Kota Tegal sebanyak 188 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 122 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Penghitungan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 21. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional guru dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan nilai │R│sebesar 0,562. Disimpulkan terjadi pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional guru dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar. Sumbangan pengaruh variabel kecerdasan emosional guru dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar sebesar 31,6%, sedangkan sisanya sebesar 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Saran yang diberikan ialah, guru hendaknya perlu meningkatkan kecerdasan emosional dan motivasi kerja, agar pembelajaran dan prestasi belajar dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional Guru; Motivasi Kerja Guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
L Education > L Education (General) > Learning Achievement
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 13:24
Last Modified: 07 Jun 2018 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31302

Actions (login required)

View Item View Item