PENGEMBANGAN BONEKA JARI DALAM SENI KERAJINAN TANGAN DI KELAS V SDN GROWONG LOR 01 JUWANA PATI
Rina Aprilia , 1401413189 (2017) PENGEMBANGAN BONEKA JARI DALAM SENI KERAJINAN TANGAN DI KELAS V SDN GROWONG LOR 01 JUWANA PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran SBK di kelas V SD Negeri Growong Lor 01 pada kegiatan praktik membuat kerajinan tangan masih kurang bervariatif dan kreativitas siswa masih tergolong rendah, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai KKM. Peneliti mengembangkan boneka jari dengan berbagai variasi agar siswa lebih terampil dan kreatif. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui desain boneka jari, kelayakan dan hasil belajar siswa dari praktik membuat boneka jari dalam pembelajaran SBK di SD Negeri Growong Lor 01 Juwana Pati. Jenis dan desain penelitian Research and Development dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk kelompok kecil, revisi produk, uji coba produk kelompok besar, revisi, dan produk akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Growong Lor 01 yang berjumlah 40 siswa, dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, uji kelayakan oleh pakar produk sebesar 80,9% yang dinyatakan layak dan materi sebesar 85,41% yang menyatakan sangat layak. Hasil belajar siswa didapatkan dari nilai pretest, posttest siswa dengan hasil uji N-Gain sebesar 0,44 berkriteria sedang, dan hasil penilaian produk boneka jari sebesar 68,75% berkriteria baik dengan nilai rata-rata 83,125. Simpulan penelitian menunjukkan hasil pengembangan desain boneka jari menjadikan guru lebih terampil dan kreatif dalam mengajak siswa belajar membuat karya kerajinan tangan dan siswa lebih terampil dan aktif dalam praktik membuat kerajinan tangan. Saran penelitian antara lain guru hendaknya menciptakan agar tercipta pembelajaran efektif, berkualitas, menyenangkan; siswa dapat lebih fokus dalam kegiatan belajar serta dapat meningkatkan keterampilan dalam praktik membuat karya kerajinan; sekolah dapat mengembangkan produk hasil kreativitas siswa dalam mendukung dan meningkatkan kualitas sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | boneka jari; kerajinan tangan; media pembelajaran; SBK |
Subjects: | L Education > L Education (General) > craft development T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 12:57 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 12:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31301 |
Actions (login required)
View Item |