HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS RE MARTADINATA KECAMATAN BATANG


M. AZKA ASA MUNASIBA , 1401413184 (2017) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS RE MARTADINATA KECAMATAN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413184.pdf]
Preview
PDF
Download (940kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di pengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yaitu minat belajar dan efikasi diri. Minat merupakan rasa suka terhadap sesuatu , menaruh perhatian terhadap sesuatu dan menaruh rasa penasaran terhadap sesuatu. Efikasi diri merupakan keyakinan akan kemampuan yang dimiliki seseorang. Efikasi diri berpengaruh penting terhadap hasil belajar..Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang posistif dan signifikan antara minat belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus RE Martadinata Kecamatan Batang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan minat belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dan populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SDN Gugus RE Martadinata Kecamatan Batang dengan jumlah sampel sebesar 50 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statsistik deskriptif, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda.Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment yang sebelumnya dilakukan uji analisis prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastistas. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara minat k belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus RE Martadinata Kecamatan Batang dengan nilai rhitung sebesar 0,744 dan rtabel 0,279 dengan nilai signifikansi 0,05. Besarnya kontribusi minat dan kemampuan belajar dengan hasil belajar Matematika sebesar 55,3 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan efikasi diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus RE Martadinata Kecamatan Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat, efikasi diri , hasil belajar, matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Efficacy
L Education > L Education (General) > Interest to Learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 12:41
Last Modified: 07 Jun 2018 12:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31299

Actions (login required)

View Item View Item