PENGEMBANGAN MEDIA CARTOON ANIMATION BERBASIS MULTIMEDIA PADA MUATAN IPA MATERI SUMBER ENERGI DI KELAS IIIA SD NEGERI KEMBANGARUM 01 SEMARANG


Yuwidya Dista Priyatmi, 1401413183 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA CARTOON ANIMATION BERBASIS MULTIMEDIA PADA MUATAN IPA MATERI SUMBER ENERGI DI KELAS IIIA SD NEGERI KEMBANGARUM 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413183.pdf]
Preview
PDF
Download (896kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran berdasarkan pada prinsip-prinsip, proses yang dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa terhadap konsep-konsep IPA dengan penyelidikan sederhana dan bukan hafalan. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SD Negeri Kembangarum 01 melalui observasi, wawancara, dan hasil belajar ditemukan permasalahan bahwa guru belum inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran. Media yang digunakan dalam pembelajaran pada muatan IPA terbatas pada gambar di buku pegangan siswa, sehingga menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Perlu dikembangkan media cartoon animation berbasis multimedia pada muatan IPA. Rumusan masalah adalah bagaimana cara mengembangkan desain media cartoon animation berbasis multimedia pada muatan IPA materi sumber energi? Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media cartoon animation berbasis multimedia pada muatan IPA materi sumber energi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Waterfall. Dengan langkah analysis, design, implementation, testing, dan maintenance. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini dibatasi sampai testing, karena maintenance akan dilakukan oleh pihak sekolah dan peneliti lain yang akan mengembangkan media yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media cartoon animation berbasis multimedia layak digunakan dengan persentase penilaian komponen kelayakan penyajian 100%, komponen materi 85% dan komponen kebahasaan 80%. Media cartoon animation berbasis multimedia efektif terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 2,11180769 dan peningkatan ratarata (gain) sebesar 0,717325 dengan kriteria tinggi. Aktivitas siswa memperoleh skor dengan persentase 81,33% kriteria sangat tinggi pada pertemuan pertama dan memperoleh skor dengan persentase 88,78% kriteria sangat tinggi pada pertemuan 2. Simpulan penelitian ini adalah media cartoon animation berbasis multimedia efektif digunakan dalam pembelajaran muatan IPA materi sumber energi dan meningkatkan aktivitas siswa. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan cartoon animation berbasis multimedia pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan desain dan komponen media terhadap materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media cartoon animation; Multimedia; IPA.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 12:37
Last Modified: 07 Jun 2018 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31298

Actions (login required)

View Item View Item