HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS GAJAHMADA KOTA SEMARANG


Manunal Ahna , 1401413181 (2017) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS GAJAHMADA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413181.pdf]
Preview
PDF
Download (711kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran mempunyai arti yang cukup penting bagi siswa karena dapat memudahkan siswa dalam memahami isi materi pembelajaran. Terlebih pada mata pelajaran IPS yang membutuhkan banyak sumber belajar agar siswa dapat menerima ilmu yang bervariasi. Pada wawancara awal di SD Gugus Gajahmada Kota Semarang, peneliti menemukan beberapa masalah yaitu kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran dalam materi non praktik dan kurangnya sumber belajar yang digunakan oleh siswa. Guru belum melakukan perencanaan pembelajaran sehingga metode dan model mengajarnya belum maksimal. Khususnya pada materi IPS yang lebih banyak menghafalkan. Siswa merasa bosan pada materi IPS dan kesulitan dalam menghafal materi sehingga hasil belajar IPS siswa kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Adakah Hubungan Media Pembelajaran dan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Gajahmada Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Hubungan antara Media Pembelajaran dan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Gajahmada Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Subyek dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Gajahmada Kota Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 161 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara awal, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi dan deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh rhitung sebesar 0,627 dan rtabel sebesar 0,148, nilai signifikansi 0,000. Hasil penelitian dari analisis data tersebut menunjukkan ada hubungan antara media pembelajaran dan sumber belajar dengan hasil belajar IPS kelas V SD Gugus Gajahmada Kota Semarang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara media pembelajaran dan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Gajahmada Kota Semarang. Saran kepada guru dan siswa untuk menggunakan media pembelajaran yang interaktif serta sumber belajar yang bervariasi agar dapat memaksimalkan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar, pembelajaran, media, sumber, hasil, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 12:14
Last Modified: 07 Jun 2018 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31297

Actions (login required)

View Item View Item