KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KENANGA KABUPATEN KUDUS


Wahyu Desy Windiyana Sari , 1401413180 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS KENANGA KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413180.pdf]
Preview
PDF
Download (915kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Matematika di SD Gugus Kenanga adalah siswa mengalami kesulitan jika menemui topik baru yang dikarenakan siswa terbiasa memilih topik sendiri. Permasalahan ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji (1) hasil belajar siswa setelah dilaksanakan model PBL mencapai KKM, (2) keefektifan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Kenanga, (3) aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika, (4) aktivitas guru dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasinya adalah siswa kelas V SD Gugus Kenanga tahun pelajaran 2016/2017. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian yaitu kelas V SD 2 Menawan sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran PBL dan kelas V SD 4 Menawan sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model yang biasa digunakan yakni Group Investigation (GI). Metode pengumpulan data adalah metode tes meliputi pretest dan posttest serta metode non tes meliputi observasi aktivitas siswa dan guru. Variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran PBL. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak, t-test serta data gain dan N-gain. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran PBL mencapai ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Terdapat peningkatan hasil belajar pretest dan posttest pada kelas eksperimen sebesar 43,86 dan kelas kontrol 39 dengan kriteria sedang. Hasil uji ttest data nilai posttest diperoleh harga thitung > ttabel (5,23 > 1,7), dari data gain diperoleh thitung > ttabel (1,71 > 1,7) dan dari data N-gain diperoleh t’ >

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Guru; Aktivitas Siswa; GI; Hasil Belajar; Matematika;PBL
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 12:11
Last Modified: 07 Jun 2018 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31296

Actions (login required)

View Item View Item